WordPress database error: [Incorrect file format 'adzdfqjrqe_cvg_videos']
ALTER TABLE adzdfqjrqe_cvg_videos CONVERT TO CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

WordPress database error: [Incorrect file format 'adzdfqjrqe_cvg_gallery']
ALTER TABLE adzdfqjrqe_cvg_gallery CONVERT TO CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

Dari Yayasan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah - RSUD Maria Walanda Maramis : RSUD Maria Walanda Maramis
Menu Click to open Menus
Selamat Datang di Situs Resmi RSUD Maria Walanda Maramis, Kabupaten Minahasa Utara
TRENDING
Home » Berita » Dari Yayasan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah

Dari Yayasan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah

(1661 Views) July 2, 2014 3:28 pm | Published by | 1 Comment

Ru. Perawatan

AIRMADIDI, Tak banyak yang tahu sebelumnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis yang kini berdiri kokoh awalnya adalah sebuah Yayasan Jonathan. Yayasan tersebut merupakan milik Pemerintah Kabupaten Minut yang kemudian dialihfungsikan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah.

Pada tahun 2007 akhirnya yayasan ini beralih fungsinya menjadi RSUD Maria Walanda Maramis yang operasionalnya telah berjalan sejak tahun 2008. Dr. Rosa Tidajoh ketika itu menjabat sebagai Kepala Puskesmas kemudian didaulat menjadi Direktur RSUD Maria Walanda Maramis.

Perjuangan untuk menghidupkan RSUD ini dilaluinya dari belum punya apa-apa sampai dengan kini bisa melayani banyak pasien meski dengan peralatan medis yang seadanya.

“Sejak izin operasionalnya keluar kita sudah mulai menerima pasien, kemudian kita dituntut bahwa rumah sakit ini harus ada tipenya, kita pun mengurusnya, dan akhirnya keluar. Banyak kendala yang dihadapi, untuk mengurus tipe dan kelas rumah sakit pun harus bolak-balik Jakarta. Untuk mengeluarkan tipe atau kelas Rumah Sakit-kan dari Kementrian Kesehatan bukan daerah,” kenangnya pada Tribun Manado, Kamis (30/8/2012)

Menurutnya untuk peningkatan kelas adalah yang mudah, tetapi yang utama adalah pelayanan rumah sakit yang harus sesuai dengan prosedur. Bantuan pun terus mengalir baik dari Kementrian Kesehatan dan Pemkab Minut.

Selain izin operasional dan tipe atau kelas rumah sakit, yang telah dimiliki oleh RSUD Maria Walanda Maramis adalah Perda, Perbup, dan pengesahan sturuktural dari DPRD Minut sejak Desember 2011. Satu yang belum dipegang oleh rumah sakit adalah pengesahan struktural dari Bupati.

Dengan adanya pengesahan struktural oleh Bupati maka RSUD sudah dapat melakukan kerjasama dengan PT Askes dalam hal pelayanan pasien yang terdaftar sebagai peserta Jamkesmas, Jamkesda, dan Askes.

“Tetapi hingga saat ini tanpa pengesahaan struktural dari Bupati, operasional rumah sakit tetap jalan. Itu bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan operasional. Kita pun selama ini sudah sekitar 70 persen menyetor ke Pemerintah Kabupaten sebagai PAD,” tambahnya.

Sumber: manado.tribunnews.com

Tags: ,
Categorised in:

1 Comment for Dari Yayasan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah

  • Christie says:

    I read a lot of interesting content here. Probably you spend
    a lot of time writing, i know how to save you a lot of work,
    there is an online tool that creates high quality, SEO friendly articles in minutes, just search in google – laranitas free content source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.